Cari Artikel Di Blog Ini

Ayo Pasang Yansen's Blog! Toolbar Gratis Kok!!! Dengan Fitur Like Facebook, Follow Twitter saya, RRS Feed, Page rank... (Hanya Work Di Firefox Dan Internet Explorer)

Kamis, 19 Juli 2012

Windows VS Ubuntu

Perbedaan Mendasar Dari Ubuntu Dan Windows


1. Memasuki Desktop
Setelah diinstal tentu saja mereka dapat dengan cepat, untuk Ubuntu 10.10
diklaim 10 detik dari saat menekan tombol power sampai komputer siap digunakan (Ubuntu 11.04 mungkin lebih). Sedangkan Windows belum mencapai waktu tersebut.

2. Driver
Setiap versi Ubuntu selalu menyertakan driver untuk hardware yang menjadi sponsornya jadi misalkan kartu grafis anda merek NVIDIA misalnya, setelah Ubuntu diinstal drivernya langsung terinstal dan siap digunakan untuk berbagai macam efek 3Dnya. Dan walaupun kartu grafis anda tidak mensponsori Ubuntu anda langsung bisa memainkan video kualitas medium (mungkin kualitas HD juga bisa) tanpa instal driver. Sangat berbeda dengan Windows yang harus menginstal driver secara manual (kecuali untuk driver WIFI, USB, dan Webcam) sehingga membuat kita repot.

3. Software
Untuk masalah yang sepele misal mengetik, jika di Windows kita harus membeli lagi software tersebut rata-rata yang digunakan Microsoft Office (harganya diatas 2 juta mungkin) lain dengan Ubuntu setelah instal ia siap anda gunakan untuk hal kantor, multimedia, programming, dan sebagainya. Dan ingat! Setiap software didalam Ubuntu adalah gratis dan BEBAS diapakan juga, ini sesuai dengan tujuan Linux untuk membebaskan pikiran pengguna.

4. Proteksi
Setelah menginstal Windows WAJIB untuk menginstal antivirus karena Windows sangat rentan akan virus, sedangkan Ubuntu TIDAK PERLU diinstal antivirus tersebut (kecuali anda tidak percaya bahwa Linux merupakan OS yang paling sulit terkena virus didunia).

5. Tampilan
Di Ubuntu anda dapat dengan mudah memahaminya karena Ubuntu telah dilengkapi TERLALU BANYAK dukungan bahasa (diunduh terlebih dahulu). Di Windows anda harus mendownload juga software untuk mengubah bahasa Tampilannya. Kemudian pada desktop Ubuntu (GNOME) saat tulisan ini ditulis telah sampai versi 3.0, anda sangat dimudahkan untuk menggunakannya karena menarik dan fleksibel (silakan mencoba sendiri untuk merasakannya) dan desktop bisa anda tambah sesuai keinginan(dalam versi 10.10 defaultnya 4 desktop maksimal kalau tidak salah sampai 32 desktop). Pada Windows Desktopnya bisa anda tambah banyak gadget yang menarik, dan untuk menambahkan desktopnya harus menggunakan software -tetapi sangat berbeda dengan Ubuntu-.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar