Cari Artikel Di Blog Ini

Ayo Pasang Yansen's Blog! Toolbar Gratis Kok!!! Dengan Fitur Like Facebook, Follow Twitter saya, RRS Feed, Page rank... (Hanya Work Di Firefox Dan Internet Explorer)

Rabu, 01 Agustus 2012

Cara Perhitungan Sistematis Vga Ati VS Nvidia

Kalo ada yang bingung, Stream Processor saya gedhe, tapi kok lemot ya? Ato, stream processor VGA dia kecil, tapi kenceeeeng … hehehe…. ^_^


Saya singkat rangkumannya di Tips kali ini . Saya urutin dari yang paling vital sampe ke yang cuma “hiasan”

1. SHADER dan FPU
… pendekatan mereka beda bro, baik Nvidia maupun ATI make cara mereka sendiri, berikut …
Nvidia
Berlaku untuk G80, G92, dan teman2
Rumus: Stream Processor x 3 x Shader clock
Contoh: 8800GT –> 112 x 3 x 1500Mhz = 504GFlops

AMD/ATI
Generasi HD2000, HD3000 dan HD4000
Rumus: Stream Processor x 2 x Core Clock
Contoh: HD3870 –> 320 x 2 x 775MHz = 496GFlops

Makin cepet makin bagus, makin kenceng mroses Shader dan perintah2 GPU

2. FILLRATE
Terdiri dari Pixel Fillrate dan Texture Fillrate. Baik Nvidia dan ATI make rumus yang sama, yaitu unit2 untuk pixeling dan texturing dikali core clock.

Texture Fillrate –> TMUs / Texture Mapping unit
Contoh:
8800GT: 56 x 600MHz = 33.6GTexel/s
HD3870: 16 x 775MHz = 12.4GTexel/s
Kunci penting main game dengan texture gila-gilaan

Pixel Fillrate –> ROPs / Raster operation / Render back_end
Contoh:
8800GT: 16 x 600MHz = 9.6GPixel/s
HD3870: 16 x 775MHz = 12.4GPixel/s
Pixel Fillrate ini kunci saat proses frame buffer (resolusi/AA), bahu menbahu dengan Memory VGA

3. Memory Bandwidth
Rumus: ( Speed DDR VGA x Bus width ) / 8
Contoh:
8800GT: (1800 x 256) / 8 = 57.6GB/s
HD3870: (2250 x 256) / 8 = 72GB/s
Bandwidth memory VGA, makin cepet makin lebar jalurnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar