Cari Artikel Di Blog Ini

Ayo Pasang Yansen's Blog! Toolbar Gratis Kok!!! Dengan Fitur Like Facebook, Follow Twitter saya, RRS Feed, Page rank... (Hanya Work Di Firefox Dan Internet Explorer)

Rabu, 01 Agustus 2012

Computer cooling

Komputer pendinginan diperlukan untuk menghilangkan panas limbah yang dihasilkan oleh komponen komputer, untuk menjaga komponen dalam batas aman mereka suhu operasi. Berbagai metode pendinginan membantu meningkatkan kinerja prosesor atau mengurangi kebisingan kipas pendingin.



Komponen yang menghasilkan panas dan rentan terhadap kerugian kinerja dan kerusakan meliputi sirkuit terpadu seperti CPU, chipset dan kartu grafis, bersama dengan hard drive (meskipun pendinginan yang berlebihan dari hard drive telah ditemukan memiliki efek negatif). bagian Kepanasan gagal dini dan dapat memberikan masalah sporadis mengakibatkan sistem membeku atau crash.

Baik berarti integral dan perifer digunakan untuk menjaga suhu komponen masing-masing pada tingkat yang aman. Berkenaan dengan berarti integral, CPU dan GPU dirancang dengan efisiensi energi, termasuk disipasi panas, dalam pikiran, meskipun peningkatan efisiensi hanya dapat memungkinkan peningkatan kinerja bukan panas berkurang. berarti Peripheral termasuk heat sink untuk meningkatkan luas permukaan yang membuang panas, kipas angin untuk mempercepat pertukaran udara dipanaskan oleh bagian-bagian komputer untuk udara ambien dingin, dan dalam beberapa kasus softcooling, yang throttling bagian komputer untuk mengurangi panas yang dihasilkan.

Sebagai tindakan keamanan, banyak komputer dirancang untuk mengubah diri mereka sendiri jika suhu internal melebihi titik tertentu. Atau, ada beberapa pilihan di BIOS yang memungkinkan pengguna untuk menentukan apakah sistem memancarkan bip alarm atau menutup diri ke bawah ketika suhu inti mencapai tingkat yang ditentukan oleh pengguna. Namun, pengaturan ini tidak benar dapat menyebabkan kerusakan hardware atau perilaku sistem tidak menentu.

Penyebab panas membangun

Jumlah panas yang dihasilkan oleh sirkuit terpadu (misalnya, CPU atau GPU), penyebab utama panas membangun di komputer modern, adalah fungsi dari efisiensi desain, teknologi yang digunakan dalam konstruksi dan frekuensi dan tegangan di mana ia beroperasi.
Dalam operasi, suhu komponen komputer akan naik sampai panas hilang ke lingkungan adalah sama dengan panas yang dihasilkan oleh komponen, dan dengan demikian suhu komponen mencapai keseimbangan. Untuk operasi yang handal, suhu keseimbangan harus cukup rendah untuk struktur sirkuit komputer untuk bertahan hidup.

Pendinginan dapat terhalang oleh:

* Debu bertindak sebagai isolator termal dan menghambat aliran udara, sehingga mengurangi heat sink dan kinerja fan.
* Aliran udara Miskin termasuk turbulensi akibat gesekan menghambat komponen seperti kabel pita, atau orientasi yang tidak tepat penggemar, dapat mengurangi jumlah udara yang mengalir melalui sebuah kasus dan bahkan membuat pusaran air lokal dari udara panas dalam kasus ini.
* Miskin perpindahan panas karena kurangnya, atau aplikasi miskin senyawa termal dan luas permukaan heat sink yang memadai untuk memancarkan dari panas.

Kerusakan pencegahan

Sensor termal di beberapa CPU dan GPU dapat mematikan komputer saat suhu tinggi terdeteksi. Namun, ketergantungan pada langkah-langkah tersebut tidak dapat mencegah terulang insiden dari permanen merusak sirkuit terpadu.

Sebuah sirkuit terpadu juga akan ditutup bagian sirkuit ketika pemalasan, atau untuk skala kembali clock speed di bawah beban kerja rendah atau suhu tinggi, dengan tujuan mengurangi keduanya menggunakan daya dan panas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar