Cari Artikel Di Blog Ini

Ayo Pasang Yansen's Blog! Toolbar Gratis Kok!!! Dengan Fitur Like Facebook, Follow Twitter saya, RRS Feed, Page rank... (Hanya Work Di Firefox Dan Internet Explorer)

Rabu, 01 Agustus 2012

Mengapa Shader ATI Lebih Besar Dari Nvidia?

1. Game is not just about shading.masih ada tekstur,framebuffer(besar memory vga),bandwith dll yg mempengaruhi performa game.



2. 800SP Ati secara sederhana didapat dengan "5 way-160shader".jadi wlpn phisical 160sp,efektifnya adalah 800sp.mungkin mirip kaya teknologi DDR vga mungkin.(pada tau kan klo ddr5nya 4870 cuma kebaca 900MHz padahal,efektifnya 3600MHz.

3. Umumnya para benchmark memukul rata setingan vga yg ditest.padahal spt yg saya blg diatas, ATI n Nvidia punya kelebihan dan kekurangan masing2.ati punya lebih bnyak shaderproc,lebih kuat di kalkulasi shading yg rumit,terutapa DX10.sementara nvidia punya texturing unit yg berlimpah,jadi settingan ultra untuk tekstur game ga akan ngaruh banyak sama performancenya.
contoh kasus:

Pada game Crysis, pake 4850 dgn settingan all high liat berapa fps yg didapat. Terus coba naikin shading n shadownya ke ultra.fpsnya ga akan turun drastis.sekarang turunkan texturenya ke medium.liat bahwa fpsnya nambah scr signifikan.trus naikin ke ultra high.nah,sekarang pastinya bakal banyak lag n FPSnya turun banget.
terus coba pake 9800gtx waktu shading sm shadownya dinaikin ke ultra fpsnya ngurang drastis,ampe ngelag..tapi ketika texturenya dinaikin ke ultra high, serasa ga ngaruh ke performancenya.
itulah yg saya sebut dengan kelebihan dan kekurangan masing2...sekarang tinggal pilih aja, lebih prefer sama game yg shadingnya gila2an atau yg texturenya ultra high.

4. Kenyataan bahwa raw performancenya ATI lebih kuat dari nvidia berhubung punya shader lebih banyak. sehingga ati lebih CPU bound dibanding Nvidia akibat CPU harus memberi makan/feeding lebih banyak data untuk tiap shaderprocnya.
ini bisa menjelaskan kenapa vga ati lemah di resolusi rendah/di settingan rendah.sementara klo semua setting dibikin pooll(dengan texture yg ga berlebihan tentunya) bro semua akn melihat vga ATI akan merocket launching dirinya sampai jauh meninggalkan vga nvidia yg setara.
liat juga fenomena 4870x2 yg lebih lemah dari 295gtx terutama klo cuma pake CPU core2,atau triple SLI system yg skor CPUnya lebih rendah dibanding dual SLI klo ditest pake benchmark tool. itu semua menandakan vga yg lebih kuat juga membutuhkan CPU yg lebih kuat/CPU bikin vga tadi bottlenecked.
lebih dari itu,buat GTX260 adanya ekstra ROPs (hampir 2x lipatnya 4870) yg juga trmasuk pusat otaknya vga, bikin gtx 260 bisa mengmbangi shading powernya 4870.(saya juga masih dalam penelitian lebih lanjut mengenai si ROPs ini)

5. Mengenai physX bisa saya bilang itu sunat hukumnya, buat yg mau beli vga mid end ke bawah, sebaiknya lupakanlah PhysX karena walaupun support,akan membuat vga lemah dlm make settingan yg wajib(kaya AA,tekstur,shading).jadi karena pada dasarnya produk mid endnya ati lebih kuat,ditambah physX "kurang baik" untuk vga mid-low endnya nvidia, maka bisa dibilang 4550,4650,4670 adalah best buy untuk harga yg ditawarkannya.
sedangkan buat yg mau nyari vga lebih kuat dari 4850/9800gtx+, untuk saat ini nvidia masih menjadi solusi terbaik kelas ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar