Cari Artikel Di Blog Ini

Ayo Pasang Yansen's Blog! Toolbar Gratis Kok!!! Dengan Fitur Like Facebook, Follow Twitter saya, RRS Feed, Page rank... (Hanya Work Di Firefox Dan Internet Explorer)

Rabu, 01 Agustus 2012

Pendingin Udara

Fans yang paling sering digunakan untuk pendingin udara. Sebuah kipas komputer mungkin akan melekat
pada kasus komputer, atau menempel pada CPU, GPU, chipset, PSU, hard drive atau slot PCI. ukuran kipas umum meliputi 40, 60, 80, 92, 120, dan 140 mm. Baru-baru ini, fans 200mm mulai menyusup ke pasar kinerja, serta bahkan ukuran yang lebih besar seperti 230 dan 240mm.

Dalam Desktop
Komputer desktop biasanya menggunakan satu atau lebih kipas untuk pendinginan. Hampir semua pasokan listrik desktop memiliki setidaknya satu fan untuk pembuangan udara dari kasus ini. Kebanyakan produsen merekomendasikan membawa dingin, udara segar di di bagian depan bawah kasus, dan melelahkan udara hangat dari belakang atas.

Jika ada lebih banyak udara dipaksa ke dalam sistem daripada sedang dipompa keluar (karena ketidakseimbangan dalam jumlah atau kekuatan penggemar), ini disebut sebagai aliran udara "positif", sebagai tekanan di dalam unit akan lebih tinggi daripada luar. Sebuah aliran udara seimbang atau netral yang paling efisien [rujukan?], Meskipun hasil aliran udara sedikit positif dalam debu kurang membangun jika filter debu digunakan. tekanan negatif di dalam kasus ini dapat membuat masalah seperti drive optik tersumbat karena mengisap udara (dan debu).

Dalam komputasi kepadatan tinggi

Pusat data biasanya berisi banyak rak server 1U datar. Udara digambarkan dalam di bagian depan rak dan kelelahan di belakang. Karena data center biasanya berisi sejumlah besar seperti komputer dan perangkat kekuasaan memakan lain, mereka resiko overheating dari berbagai komponen jika tidak ada tindakan yang diambil. Dengan demikian, sistem HVAC luas digunakan. Seringkali lantai yang diangkat adalah digunakan sehingga daerah di bawah lantai dapat digunakan sebagai sidang pleno besar untuk udara didinginkan dan kabel listrik.

Cara lain untuk menampung sejumlah besar sistem dalam ruang kecil chassis blade. Berbeda dengan orientasi horizontal server datar, sasis blade sering berorientasi vertikal. Orientasi vertikal memfasilitasi konveksi. Bila udara dipanaskan oleh komponen panas, ia cenderung mengalir ke atas sendiri, menciptakan aliran udara alami sepanjang papan. Ini efek stack dapat membantu untuk mencapai aliran udara yang diinginkan dan pendinginan. Beberapa
produsen tegas mengambil keuntungan dari efek ini.

Dalam komputasi laptop

Kebanyakan laptop menggunakan pendingin udara untuk menjaga CPU dan komponen lain di dalam rentang temperatur operasi mereka. Karena udara fan terpaksa melalui pelabuhan kecil, kipas dan heatsink dapat tersumbat oleh debu atau terhalang oleh benda-benda ditempatkan di dekat pelabuhan. Hal ini dapat menyebabkan overheating, dan dapat menjadi penyebab kegagalan komponen dalam laptop. Tingkat keparahan masalah ini bervariasi dengan desain laptop, penggunaan dan disipasi daya. Dengan pengurangan baru dalam disipasi power CPU, masalah ini dapat diantisipasi untuk mengurangi tingkat keparahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar