Cari Artikel Di Blog Ini

Ayo Pasang Yansen's Blog! Toolbar Gratis Kok!!! Dengan Fitur Like Facebook, Follow Twitter saya, RRS Feed, Page rank... (Hanya Work Di Firefox Dan Internet Explorer)

Rabu, 01 Agustus 2012

Penjelasan Rendering

Rendering adalah proses menangkap segala sesuatu yang ada di dalam scene termasuk geometri, material, cahaya, lingkungan serta efek-efek yang terdapat didalamnya.Dalam sebuah gambar output dari scene 3d
atau suatu object, Fitur-fitur seperti materials, lighting, oversampling dan shadows memiliki pengaruh dalam efek dan kualitas hasil rendering. Semakin banyak fitur yang ditambahkan , maka semakin realistik hasilnya, akan tetapi akan mempengaruhi lama waktu rendering.Rendering telah digunakan dalam arsitektur,vidio game, simulator, film dll. Dalam hal grafis 3D, rendering bisa dilakukan perlahan-lahan, seperti pada pra-rendering, atau secara real-time. Pra-rendering adalah proses komptasi secara intensif yang biasanya digunakan untuk pembuatan film, sedangkan real-time rendeering sering dilakukan untuk 3D video game yang mengandalkan pada penggunaan kartu grafis dengan akselerator 3D hardware.

Fitur fitur rendering

* Shading : bagaimana warna kecerahan permukaan bervariasi dengan
pencahayaan
* Tekstur mapping : suatu metodepenerapan detail pada permukaan
* Bump-mapping : suatu metode simulasi skala bumpiness kecil pada
permukaan
* Fogging/participating medium : bagaimana cahaya meredup
* Shadows : efek menghalangi cahaya
* Soft shadows : efek gelap yang disebabkan oleh tertutupnya setengah
sumber cahaya
* Reflection : seperti cermin dan bisa sangat mengkilap
* Transparency (optics),transparency (graphic) or opacity: transmisi cahaya
yang tajam melalui benda padat
* Translucency : transmisi cahaya yang tersebar melalui benda padat
* Refraction : cahaya yang terkait dengan transparansi
* Diffraction : penyebaran dan interferensi cahaya yang lewat suatu obyek yang
mengganggu sinar
* Indirect illumination : permukaan diterangi cahaya yang diapantulkan dari
permukaan lain
* Caustics (a form of indirect illumination) : pantulan cahaya dari obyek yang
mengkilat
* Depth of field : obyek yang kelihatan buram atau tidak fokus ketika terlalu
jauh di depan atau di belakang obyek dalam fokus
* Motion blur : obyek yang terlihat kabur karena kecepatan gerak tinggi atau
gerakan kamera
* Non-photorealistic rendering: render dengan gaya artistik atau dimaksudkan
untuk terlihat seperti sebuah lukisan atau gambar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar