Cari Artikel Di Blog Ini

Ayo Pasang Yansen's Blog! Toolbar Gratis Kok!!! Dengan Fitur Like Facebook, Follow Twitter saya, RRS Feed, Page rank... (Hanya Work Di Firefox Dan Internet Explorer)

Rabu, 01 Agustus 2012

Penjelasan Tentang OpenGL Dan DirectX

OPENGL:
OpenGL (Open Graphic Library) merupakan library yang terdiri dari berbagai macam fungsi dan biasanya digunakan untuk menggambar sebuah atau beberapa objek 2 dimensi dan 3 dimensi. Library-library ini
mendefinisikan sebuah cross-bahasa, cross-platform API (antarmuka pemrograman aplikasi) untuk menulis aplikasi yang menghasilkan komputer 2D dan 3D grafis. Bahasa pemrograman yang digunakan pada umumnya adalah pemrograman C/C++, namun dapat pula menggunakan Java. OpenGL merupakan library yang digunakan untuk melakukan pemrograman grafik; Graphic Programming. Untuk mempelajari pemrograman grafik ini, diharapkan kita dapat menguasai persamaan matematika, terutama operasi matriks. Karena, di dalam melakukan pemrograman grafik, akan dihadapkan mengenai pembuatan shading, shape, transform (rotate, translation, scala).OpenGL dikembangkan oleh Silicon Graphich Inc pada tahun 1992 dan digunakan dalam CAD, virtual reality, visualisasi ilmiah, visualisasi informasi, dan simulasi penerbangan. Dalam industri game, OpenGL juga sangat berperan dalam hal grafik. Pesaingnya adalah DirectX atau Direct3D yang berjalan di platform Microsoft Windows.

DIRECTX:
Teknologi ini kali pertama diperkenalkan pada tahun 1995 dan menjadi standar untuk pengembangan aplikasi multimedia pada platform Windows.Secara mendasar, DirectX merupakan interface antara hardware dalam PC Anda dan Windows itu sendiri, yang merupakan bagian dari Windows API (Application Programming Interface). Misalnya, jika developer game ingin memutar file suara, developer tersebut hanya tinggal menggunakan fungsi library yang sesuai. Saat game running, sistem akan memanggil DirectX API yang akan memutar file suara. Developer game tidak perlu tahu jenis sound card apa yang dihadapi, apa yang dapat dilakukannya, atau bagaimana berbicara kepadanya. Microsoft telah menyediakan DirectX, dan untuk para pengembang sound card, mereka telah menyediakan driver yang berkemampuan DirectX. Dari sisi gamer sendiri, DirectX juga memberikan kemudahan yang besar, misalnya saja kita tidak perlu melakukan konfigurasi yang rumit.Pada awalnya, DirectX hanyalah toolkit sederhana: hardware masa awal terbatas dan pada waktu itu hanya dibutuhkan fungsi grafis yang sederhana. Seiring dengan perkembangan hardware dan software yang semakin kompleks, demikian juga DirectX. Ia sekarang lebih dari sekadar toolkit grafis, dan ia telah mencover semua jenis komunikasi hardware.
Jika dilihat secara kompleks Komponen-komponen DirectX terdiri dari:

1. DirectX Graphics, terdiri dari beberapa APIs:
* DirectDraw: Untuk menggambar grafik 2D (raster graphics). Sekarang tidak
disarankan (karena adanya Direct2D), meskipun masih digunakan sedikit
game dan sebagai video renderer di media aplikasi.
* Direct3D (D3D): Untuk menggambar Grafik 3D.
* DXGI: untuk menghitung penyesuaian dan pengawasan, dan mengatur
rangkaian pertukaran untuk Direct3D 10 keatas.
2. DirectInput: Untuk menangani alat masukan termasuk keyboard, mouse,
joystick, atau game controllers. Tidak disarankan setelah versi 8 karena
adanya XInput untuk Xbox 360 kontroler atau WM INPUT untuk keyboard dan
mouse.
3. DirectPlay: Untuk komunikasi koneksi area lokal atau area luas. Tidak
disarankan setelah versi 8.
4. DirectSound: Untuk putar balik dan merekam gelombang suara.
* DirectSound3D (DS3D): Untuk putar balik suara 3D.
5. DirectMusic: Untuk putar balik rekaman suara yang disahkan di DirectMusic
Producer.
6. DirectX Media: terdiri dari DirectAnimation untuk 2D/3D animasi web,
DirectShow (Tidak disarankan sebentar lagi oleh Media Foundation) untuk
multimedia putarbalik dan streaming media, DirectX Transform untuk
interaksi web, dan Direct3D Retained Mode untuk grafik 3D tingkat tinggi.
DirectShow terkandung DirectX plugin untuk pemroses sinyal audio dan
DirectX Video Acceleration untuk video terakselerasi. Sejak Tahun 2005
DirectShow tidak termasuk dalam DirectX API. DirectShow dimasukan dalam

2 komentar: