Cari Artikel Di Blog Ini

Ayo Pasang Yansen's Blog! Toolbar Gratis Kok!!! Dengan Fitur Like Facebook, Follow Twitter saya, RRS Feed, Page rank... (Hanya Work Di Firefox Dan Internet Explorer)

Kamis, 16 Agustus 2012

Single Rail VS Multiple Rail Power Supply [Version 2]

Bahasan & perdebatan soal PSU (Power Supply Unit) single vs multi rail sudah sering dibahas. Tapi kebanyakan terlalu rumit dan teknis sampe seringkali membingungkan yang baca.



Padahal kita sebagai gamer cuma pingin tau: mana sih yang paling cocok buat kita?

Nah, buat yang belum tau dan pingin bisa membedakan PSU multi rail atau single rail lihat aja sticker label yang tertempel di PSU. Kalo +12V yang tertera cuma ada 1, itu artinya single rail seperti gambar ini:


Sebaliknya kalo +12V yang tertera lebih dari 1, berarti multi rail:



Nah, kenapa PSU harus dibuat single rail/multi rail?

Jawaban yang mudah: untuk alasan keamanan. Pada PSU single rail beban arus listriknya tinggi karena hanya terdapat 1 lajur sehingga beresiko panas yang bisa membuat kabel meleleh.

Terus, apa bedanya single & multirail?

Begini, kalo kamu punya PSU sebesar katakanlah 500W single rail. Artinya daya 500W yang kamu punya berada dalam 1 jalur dengan kekuatan arus listrik yang lumayan besar. Gw ambil contoh CoolerMaster Silent Pro 500W punya rail 12V sebesar 34A

Bandingkan dengan PSU multirail Antec Neo 500W yang punya 3 rail 12V masing2 sebesar 17A.

Nah, buat kalian yang memilih memilih PSU multirail buat graphic card high end, perhatikan kapasitas masing-masing rail 12V! Bukan kapasitas total PSU.

Kembali ke pertanyaan pertama: mana yang paling cocok buat kita?

Sebagian gamer memilih single rail dengan alasan performa, sebagian lagi ga terlalu perduli. Tapi saran gw adalah: cari tahu TDP graphic card yang kamu pakai (tinggal buka nvidia.com atau amd.com) dan pastikan TDP graphic card yang kamu pakai berada di rentang 60-75% total kapasitas rail 12V PSU.

Bingung?

Oke gw kasih contoh: Kamu sedang mengincar GTX680, dengan TDP 195W. 195 dibagi 12V = 16.25A

Karena load ideal adalah max. 75% dari kapasitas rail, berarti 16.25 : 75 x 100 = 21.66 A dibulatkan keatas jadi 22A.

Jadi kapasitas rail ideal buat GTX680 adalah 22A. Tanpa harus melihat kapasitas total PSU, silakan perhatikan kapasitas rail 12Vnya. Kalo sama atau diatasnya berarti aman!

Kenapa gw tekankan cara ini aman?

Di nvidia.com, GTX680 mensyaratkan PSU minimum adalah 550W. Dengan angka kapasitas ideal hasil hitungan diatas yaitu 22A, coba perhatikan kapasitas rail 12V pada foto PSU OCZ 700W yang tertera 18A. Apakah angka ini ideal buat menghidupkan sebuah GTX680? Tidak kan? Padahal PSUnya sudah 700W!

Sekarang, coba perhatikan lagi kapasitas rail 12V pada foto pertama diatas. Berapa yang tertera? Yak, pinteerr... 34A - jauh diatas 22A. Artinya PSU 500W single rail sudah lebih dari cukup buat menghidupi sebuah GTX680!!

Nah, sekarang terserah kamu buat pake cara gampang (yang ternyata ga terlalu akurat juga) dengan liat minimum requirement atau cara sulit (but it's a smart way!) buat memilih PSU.

Masih binggung??? komentar aja... "Gratis Kok!!!"

3 komentar:

  1. "dibuat multi rail agar kabelnya tidak meleleh" kenapa ngak di kabelnya aja yg dibuat tebal dan anti meleleh, kenapa sipembuat PSU harus mengorbankan PSU nya menjadi tidak support GTX680 kalo cuma kabelnya takut terlalu panas. pasti ada maksud lain dong kenapa dibuat multi rail. nah sekarang apa dong maksud lain dari dibuatnya milti rail itu sendiri?

    BalasHapus
    Balasan
    1. multi rail = less heat
      lbh aman

      kalo urusan kabel bisa aja di gedein cuma kalo pcb, komponen lainnya jelek malah panas jadinya... amper besar panasnya tinggi (efisiensi psu harus di hituing)

      Hapus